Kematian Paman di Kediamannya.

kovr

“mungkin itu sebabnya hanya aku yang dibuat pantas berkelakar panjang lebar, karena sebentar lagi aku mati, haha.” aku mengingat lagi kalimat yang ia ucapkan saat aku berkunjung ke sana, kediaman paman. aku mengingatnya begitu detail. ujung bibirnya yang tak menunjukkan bahwa ia tengah menikmati masa tua, namun pikirnya yang luas mementahkan anggapanku. ia adalah apa yang ia pikirkan. dan kematiannya petang tadi, tak lama setelah ia mengoceh tentang struktur tanah yang tepat untuk kuburnya. begitu kata bibi, menceritakannya kepadaku.

namun ternyata ada yang ia sembunyikan dariku. tapi tidak dari bibi. kata bibi, ia tak hentinya menangis akibat serebrumnya sendiri. aku terheran ketika membaca epilog kisahnya. bahwa terlalu banyak ia melewatkan setiap kesempatannya berbahagia. ia merelakan tangis dan cemas menyemakkan seluruhnya. dan bangku dan rokok dan lara dan jam dinding yang melewati pukul tiga dini hari adalah hal yang biasa ia nikmati.

paman nyatanya adalah manusia yang pintar bersembunyi. manusia yang menjauh dari memanusiakan dirinya. manusia yang lupa di mana batas miliknya. manusia yang terus memercayai alai-belai pikirnya. manusia yang menahan lara meski ia tahu ia takkan pernah mampu berbuat seperti itu. manusia yang di balik itu semua, ia berusaha memandang secara deduktif. seperti setiap doa yang dipanjatkan oleh pak tua kepada Tuhannya bahwa ia mendesak kematian yang secepatnya. seperti hantu yang terus saja mencoba merasukimu tanpa tahu bahwa seisimu adalah kosong yang sesak. sesak akan pikiran, kecemasan, ketakutan, penyesalan, perasaan bersalah, menetap di sana tanpa tahu aturan waktu, melampaui kemampuanmu dalam bertahan.

paman mati. kepada siapa lagi aku berkeluh dan bertanya dan berbagi. karena aku ingin sekali mendapatkan jawaban. tentang bolehkah aku memanjatkan doa yang sama seperti pak tua.

Advertisements

Tinggalkan Pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s